25.4 C
Indonesia
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Jangan Abaikan Keyboard Laptop Kalian! Ketahui Cara Memeriksa Keyboard Laptop Disini!

Cara Memeriksa Keyboard Laptop

Keyboard adalah perangkat keras yang terintegrasi dalam laptop atau notebook, serta digunakan pada komputer. Fungsinya utamanya adalah untuk mengetik, baik itu menulis, menghitung, maupun memberi perintah pada laptop atau komputer.

Keyboard merupakan salah satu perangkat penting yang tidak bisa diabaikan dalam penggunaan laptop atau komputer. Pada keyboard, terdapat kombinasi huruf, angka, dan tombol fungsi.

Selain digunakan untuk mengetik, keyboard juga dapat menggantikan beberapa fungsi mouse, terutama saat mengetik naskah atau teks. Sebagai contoh, dengan menekan tombol “CTRL+S”, Anda dapat menyimpan dokumen ke dalam laptop atau komputer tanpa perlu menggunakan mouse. Hal yang sama berlaku untuk mencetak dokumen dengan menekan tombol “CTRL+P”.

Ketika tombol keyboard mengalami kerusakan atau error, hal ini dapat mengganggu aktivitas kerja Anda. Terutama jika ada pekerjaan yang menumpuk dan harus segera diselesaikan.

Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa kerusakan pada keyboard laptop, baik secara online maupun offline:

  1. Cara Online:
  • Buka browser dan kunjungi www.keyboardtester.com.
  • Klik “Launch the Tester” untuk masuk ke halaman pengujian keyboard.
  • Tekan semua tombol pada keyboard untuk memeriksa tombol mana yang tidak berfungsi atau rusak.
  • Jika ada tombol yang tidak dapat ditekan atau tidak muncul, kemungkinan besar tombol tersebut mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik.
  1. Cara Offline:
  • Unduh keyboard tester dari situs www.passmark.com melalui browser.
  • Setelah proses pengunduhan selesai, instal keyboard tester pada laptop atau komputer yang akan diperiksa keyboardnya.
  • Buka keyboard tester dan tekan semua tombol pada keyboard.
  • Keyboard tester akan menunjukkan tombol mana yang masih berfungsi dengan benar (berwarna hijau) dan tombol mana yang mengalami kerusakan atau error (berwarna merah).
  • Keyboard yang mengalami kerusakan juga sering kali menimbulkan bunyi bip berulang saat laptop atau komputer dinyalakan.

Selain kedua cara di atas, ada juga software lain yang dapat digunakan untuk memeriksa kerusakan atau kesalahan pada keyboard laptop atau komputer. Jika menggunakan software di atas tidak memberikan hasil yang memuaskan, Anda dapat mencari alternatif lain yang mudah digunakan dan merupakan versi full tanpa memerlukan koneksi internet.

Selain itu, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk merawat keyboard laptop agar lebih awet dan terhindar dari kerusakan, antara lain:

  • Hindari debu: Membersihkan keyboard secara teratur dari debu dan kotoran yang menempel di antara tombol menggunakan kuas kecil.
  • Hindari tekanan keras: Jangan mengetik dengan kasar atau menekan tombol keyboard terlalu kuat, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tombol.
  • Jauhkan dari makanan dan minuman: Hindari makan atau minum di dekat keyboard laptop untuk mencegah tumpahan yang dapat merusak keyboard.
  • Jauhkan dari anak-anak: Pastikan laptop atau komputer Anda tidak terjangkau oleh anak-anak yang belum mengerti cara menggunakan perangkat tersebut dengan baik.

Dengan merawat keyboard dengan baik dan melakukan pemeriksaan secara teratur, Anda dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya kerusakan pada keyboard laptop atau komputer Anda.

artikel terkait

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tetap Terhubung

50,000FollowersFollow
170,000FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

postingan baru